15 Desember 2010

kisahPembantuDanAnjing

malam ini saya teringat kembali sebuah cerita yang saya dengar pada saat saya mengikuti misa hari minggu di gereja. cerita ini disampaikan oleh seorang romo pada saat homili.*kotbah.
cerita yang benar-benar membuat hati saya miris.
begini ceritanya si romo:

suatu hari si romo ini bertugas untuk mengunjungi sebuah keluarga yang sangat kaya raya untuk suatu kunjungan rutin.sampailah si romo di sebuah rumah yang sangat mewah besar, dengan gerbang tinggi berdiri kokoh, dan ada tulisan: "bel" disamping gerbang tsb. dan si romo pun memencet bel tersebut.
tidak berapa lama kemudian...pintu gerbang terbuka dan tampaklah seorang wanita *pembantu yang langsung bertanya: cari siapa?. si romo menjawab: saya bisa bertemu dengan yang punya rumah ini?. dan pembantu itu kemudian meminta romo masuk, dan mempersilahkan si romo duduk.

beberapa menit kemudian datanglah tuan rumah menghampiri romo tersebut dan mengucapkan salam. ketika si romo dan si tuan rumah itu sedang terlibat pembicaraan, datanglah seorang pembantu yang membawa minuman untuk si romo. tapi tiba2 pembantu tsb tersandung dan menjatuhkan minuman tersebut. dengan spontan si tuan rumah berteriak:
"dasar anjing! kamu tidak lihat apa?dimana mata kamu?!?sana!ganti yang baru!!"
rupanya si tuan rumah sangat murka dengan kejadian itu. si romo hanya diam membisu.

tidak berapa lama, dari kejauhan datang lah seekor anjing *yang pastinya sangat mahal. menghampiri si tuan rumah. si tuan rumah menggendong anjing tsb dan berkata:
"halo sayang..apa kabarmu hari ini?kamu mau makan apa?*sambil mengelus dan menciumi anjing tsb.

si romo menyaksikan pemandangan tersebut dengan hati miris.
baru saja si tuan rumah memanggil dan mencaci maki seorang manusia dengan menyebutkan manusia itu "anjing". dan kepada seekor anjing, si tuan rumah memanggil anjing tersebut dengan sebutan "sayang".

setelah urusan si romo selesai dengan si tuan rumah. romo itupun pamit untuk pulang.
dan kotbahpun selesai.

mm...saya tidak tau harus ngomong apa tentang kotbah ini.tapi saya tau, ini memang benar adanya.

2 komentar:

  1. wah banyak hikmah di posting ini ya mbak

    BalasHapus
  2. iyah cerita yang menarik sebenernya, tapi aku menyampaikannya kurang menarik hehe..tp ini emang cerita simple tapi "ngena" banget...hehehe..

    BalasHapus